Rabu, 24 Mei 2023

Mengunjungi Masa Lalu Melalui Game

Ketika mendengar kata solitaire, apa yang ada dibenak teman-teman? Kalau aku pribadi, jujurly ingat akan kartu remi dan masa lalu. Secara, solitaire ini aku kenal semenjak aku mengenal komputer. Waktu itu masih duduk di bangku SMP.

 

Secara ya, solitaire ini adalah salah satu game bawaan windows. Dan bukan hanya solitare saja sih, tapi ada game lainnya seperti mahjong, zuma, dan yang lainnya.

 


Etapi, meskipun sudah sejak lama aku mengenalnya, sampai saat ini aku tetap payah memainkannya. Duh, sebegitunya aku. Jadi, solitaire cukup jadi bagian masa lalu yang tak pernah mampu aku rengkuh. #halahbahasanya

 

Nah, meskipun aku payah dalam bermain game solitaire, bukan berarti aku tidak pernah bermain game. Oh, jelas aku masih suka bermain game, seperti game Zuma. Akan tetapi di laptop yang sekarang aku pakai tidak ada game-nya, padadal kalau lagi ‘gabut’ terkadang aku suka main game. Apalagi kalau tidak ada drama, film, ataupun novel yang menarik, game seolah menjadi pelarianku.

 

Mengunjungi masa lalu melalui game

Aku teringat dengan jelas, zaman kuliah adalah waktu di mana aku sangat suka bermain game. Kadang main game online, kadang main game bawaan yang terinstall di laptop aku seperti Zuma.

 

Kala itu, tugas kuliah seolah membuatku ingin lari dan sejenak istirahat. Eh, istirahatnya ya mengunci diri di kamar sembari main game, wkwkwkw.

 


Dan beberapa hari ini aku lagi kangen sama masa itu, masa di mana aku menikmati waktu bersama game. Mau install di laptop ataupun smartphone tapi takut memorinya penuh. Dan untung saja, aku ketemu website solitaire.org.

 

Website solitaire.org ini menyediakan berbagai game masa lalu seperti solitaire, mahjong, zuma legend, zuma ball, Sudoku, dan beberapa game lainnya.

 


Di tengah kesibukan dan kegabutanku, akhirnya aku bermain game di solitaire.org ini. Aku bisa memainkannya melalui smartphone ataupun laptop. Yang penting kan terkoneksi internet, hehehe… J

 

Beberapa game di solitaire.org yang aku mainkan :

1.      Zuma Ball

2.      Zuma Legend

3.      Sudoku

4.      Candy House

5.      Candy Fiesta

 

Permainan di atas memang terbilang permainan yang mudah dimainkan, bahkan bisa dibilang siapapun bisa memainkannya. Akan tetapi, permainan tersebut cukup menyenangkan, candu dan kadang membuat enggan untuk berhenti.

 

Apalagi bermain Zuma Ball dan Zuma Legend, jika naik level seolah mendapatkan kepuasan tersendiri. Jika gagal, maunya diulang kembali. Meskipun permainannya begitu-begitu saja, tapi rasanya tak pernah membosankan.

 



Dan selalu gemes kalau bola-bola di game Zuma ini masuk lubang. Duh, rasanya kayak sakit tak berdarah. Kalau scorenya sedikit, ingin sekali merutiki diri sendiri. Gitu doang kok gagal? Hahaha… Terus diulang lagi hingga tak sadar sudah menghabiskan banyak waktu.

 

Pun dengan Candy House dan Candy Fiesta yang mirip banget dengan salah satu game yang pernah saya instal di smartphone saya. Nah, ini memberikan cerita tersendiri bagiku. Karena permainan Candy House dan Candy Fiesta ini pernah menemani perjalanan saya sewaktu habis mengantar adek saya tes CPNS. Kala itu saya naik bus, supaya tidak mengantuk dan waktu cepat berlalu (kala itu kebelet pipis juga tapi busnya tak ada toilet), akupun mengalihkannya dengan bermain Candy House dan Candy Fiesta.

 



Dan ada kepuasan tersendiri saat sudah mencapai level tinggi. Padahal permainannya ya ‘cuma gitu doang’. Mengurutkan  gambar dengan warna senada. Tapi kok mengasyikkan dan enggan untuk berhenti.

 

Sementara game Sudoku, ini adalah game lawas juga yang pernah hadir di handphone zaman dahulu. Saya jadi teringat akan masa SMA. Game Sudoku ini sering banget aku mainkan bersama teman-teman SMA. Tapi ya, gagal maning-gagal maning. Jujurly sampai saat ini aku juga belum paham betul memainkan game Sudoku ini. Bukannya menghibur tapi malah bikin mumet sih iya L tapi tetap saja, ingin kembali memainkannya.

 

Nah, itu semua hanya beberapa game yang kumainkan di solitaire.org. Sebenarnya masih banyak game lainnya yang bisa dicoba. Buat teman-teman yang ingin bermain game tapi takut memori gawainya penuh, bisa loh main di solitaire.org.

17 komentar:

  1. games masa kecil saya dan seru banget memang permainan ini, jadi pengen main lagi dan sekarang dengan mudah bisa main games ini dengan online ya kak

    BalasHapus
  2. Saya juga masih main game solitaire ini, Mbak. Seringnya disela-sela menulis juga sekalian rehat hehehe. Yang saya suka, game solitaire tidak perlu diunduh di aplikasi.

    BalasHapus
  3. Hihi...main games jadul begini seru banget si..
    Gak kaya games online yang bikin nagih, main games di Solitaire.org seperti ini justru bisa membuat lebih rileks menikmati waktu santai dan secukupnya.

    BalasHapus
  4. jadi keinget waktu masih smp sma yaa pas itu emang games nya jadul gini tapi lumayan seru untuk dimainkan bersama2

    BalasHapus
  5. Game yanga da di Solitaire menjadikan kita bahagia nih, karena bisa mengingat masa kecil, masa lagi main sama teman-teman dengan penuh antusias dan rasa penasaran.

    BalasHapus
  6. Main games memang membahagiakan, apalagi kalau gamesnya adalah permainan ketika kecil, wuih pasti berkesan

    BalasHapus
  7. Saya juga suka main game di solitaire. Paling suka Zuma Ball sama Atlantis Treasure.
    permainanya memang bikin flash back ke masa lalu, santai, ga bikin stress

    BalasHapus
  8. Aku sama anak2 juga main di Solitaire dong. Gamesnya banyak banget dan bikin nostalgia. Anakku juga main Zuma Ball. Asyik banget apalagi sekarang abis ujian bisa ngegame buat refreshing.

    BalasHapus
  9. Aku tuh paling ga bisa main Solitaire. Tp emg seneng banget sih main Zuma. Dulu bs main ampe shubuh biar bs menang di level tertentu. Apalagi pas stres ngerjain skripsi. Main Zuma emg bs stres tp jg bs ngilangin stres. Stres krn kdg kalah trs. Wkwk

    BalasHapus
  10. Aku juga main ZUMA ini di Solitaire wkwkwk emang beneran kayak nostalgia gitu sih, hihi seneng banget akhirnya nemu web games kek gini

    BalasHapus
  11. Aku sukanya main freecell kalau di Solitaire. Sama satu lagi yang hidden Objects

    BalasHapus
  12. Solitaire ini emang game legendaris yang penuh kenangan ya mbak
    Makin asikbuntuk dimanikan saat ini

    BalasHapus
  13. Hahaha aku rasane tergelitik tapi bener jadi seolah menjelajah masa lalu ya memainkan game di masa kecil dulu..

    BalasHapus
  14. dari semua game yang ada di solitaire, aku paling sering main zuma, hidden game dan words. simple dan gak bikin pusing ya, eh mahjong juga sih, hahahaha. bener-bener menghibur sih

    BalasHapus
  15. Game zuma favorit banget nih. Jadi pengin bernostalgia main Zuma.

    BalasHapus
  16. Dulu jaman aku kerja di Jkt kalau wakru luang main zuma sama temen sebelahnya. Jadi kayak dibikin lomba-lombaan siapa yang berhasil duluan atau levelnya paling tinggi. Hihihi

    BalasHapus
  17. wah game yang bikin nostalgia banget sih ini. jadi kangen ya mainin ini, sekarang mah lebih banyak perang-perangan wkwk

    BalasHapus