Rabu, 30 Maret 2022

Blogger Tanpa Laptop dan Impian Memiliki ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

 

“Apa syaratnya menjadi seorang blogger?”

 

Kalau diberi pertanyaan tersebut, kira-kira apa jawaban writers? Harus punya blog? Bisa menulis? Bisa editing gambar? Punya laptop? Punya kamera atau smartphone?

 

Kalau saya pribadi sih jawabannya yang pertama punya laptop dan smartphone karena kedua barang tersebut yang bakalan menunjang aktivitas ngeblog saya. Barulah saya membuat blog dan mulai menulis.

 

“Tapi kan ngeblog enggak harus pakai laptop? Bisa pakai smartphone.”

 

Ya memang! Banyak kok blogger yang ngeblog pakai smartphone. Etapi ternyata itu tidak berlaku bagi saya. Saya tetap sama merasa kesulitan ketika menulis menggunakan smartphone. Apalagi kalau tengah menulis review, entah review skincare, drama, alat elektronik, maupun review tempat wisata.

 

Menurut saya, menulis chatt whatsapp yang panjang kali lebar itu sangatlah berbeda dengan menulis artikel. Dan sayapun sering kali merasa kesulitan saat update blog menggunakan smartphone. Meskpiun terlihat praktis, akan tetapi ternyata lebih ribet.

 

drama blogger menjelang deadline

Laptop Rusak Disaat Menjelang DeadLine

Hingga hari itupun terjadi. Di suatu siang yang embuh yang menurut saya bukan suatu hari yang baik bagi saya. Saat tengah membuka laptop yang sudah 11 tahun menemani, saya dikejutkan dengan keyboard yang rusak. Ada beberapa abjad yang tak lagi berfungsi. Duh duh, mengsedih. Hingga akhirnya suamipun pergi ke toko teman saya yang menjual serba-serbi komputer dan membeli keyboard eksternal.

 

Alhamdulillah, akhirnya sayapun bisa mengerjakan job review di blog. Sekitar sebulanan keadaan masih aman. Laptop masih berfungsi dengan bantuan keyboard eksternal.

 

Akan tetapi, disaat akhir bulan di mana tabungan sudah terkuras dan ada beberapa job review di blog yang harus segera terselesaikan (lagi), laptop saya kembali berulah writers. Saya dikejutkan dengan layar hitam di hadapan saya, layar laptop yang muncul awalnya hanya  garis hitam saja, terus bisa nyala kemudian mati. Begitu seterusnya. Dan ternyata? LCD laptop saya rusak, writers

 

Bisa dibayangkan bagaimana perasaan saya waktu itu, writers. Saya ada deadline job di blog. Selain kebingungan menulis, beberapa foto saya juga tersimpan di laptop tersebut. Saya masih ingat dengan pasti bagaimana paniknya saya. Bingung itu pasti apalagi di daerah saya saat ini sudah jarang ada warnet. Mencoba menulis menggunakan smartphone, tapi malah amburadul.

 

Terus ingat laptop ASUS milik adik saya. Meskipun laptopnya sudah lemot (loading lama) karena kebanyakan diinstal aplikasi, tapi yasudahlah. Meskipun agak lama tapi tetap Alhamdulillah dan sayapun bisa mengerjakan job review di blog.

 

Sebenarnya sih masih banyak bahan yang mau saya update di blog lagi selain job tersebut. Apalagi saya tidak hanya mempunyai satu blog saja, tapi ada 4 blog yang saya handle dan tentunya harus hidup. Dan drama laptop rusak cukup mengacaukan agenda ngeblog saya. Ada beberapa skincare, tempat wisata, dan drama Korea yang ingin saya review. Tapi alhasil… zonk dan sebatas angan belaka.

 

Meminta Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Impian Memiliki Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Sebagai blogger yang teramat sangat membutuhkan laptop, jika laptop rusak sih pilihannya ada dua, yaitu di service atau beli lagi. Kebetulan laptop saya laptop tua, baterainya saja sudah tidak berfungsi dan saat digunakan harus sambal di charger, terus keyboard juga sudah bermasalah sehingga saya menggunakan keyboard eksternal, dan ditambah LCD juga sudah rusak. Saya berfikir, kalau service juga butuh dana yang tak sedikit. Kenapa tidak beli saja?

 

“Beli laptop?”

 

Ah, semudah itu angan saya ingin membeli laptop. Dikira beli kacang goreng? Pengen langsung bisa terlaksana? Ini laptop loh, writers? Duit dari mana? Suami belum masuk kerja dan masih menunggu SK turun. Sementara saya? Ya mengandalkan fee dari job ngeblog dan sosial media. Itupun untuk menyambung hidup. Sementara laptop rusak?

 

“Bagaimana bisa bekerja kalau alat tempurnya saja tidak ada?”

 

Pusing tujuh keliling. Ingin menangis, ingin berkata kasar, ingin mengeluh, tapi kok ya rasanya buang-buang waktu saja. Memanganya kalau saya nangis, kalau saya marah, kalau saya teriak-teriak, terus bakalan ada laptop yang jatuh dari langit? Tentunya tidak, kan? Yang ada malah saya capek sendiri.

 

Untuk melegakan hati, sekaligus banyak berdoa agar diberi kemudahan rejeki, sayapun browsing dan mencari tahu tentang laptop yang cocok buat saya bekerja. Yups, bekerja. Yang nyaman buat nulis, enggak ngelag buat editing gambar, dan tentunya asyik juga buat nonton drama Korea. Yups, saya memasukkan nonton drama Korea sebagai pekerjaan ya writers, karena nantinya juga bakal saya review di blog, heheheh kalau tidak malas #ehhh

 

Terus saya nemu tentang laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400). Langsung nanya ke diri sendiri, ASUS menghadirkan laptop yang bagaimana lagi nih? Yang kemarin-kemarin saja belum kesampaian masa iya sekarang sudah ada yang baru lagi?

 

Kepo dong saya, terus nyari tahu tentang spesifikasinya.

 

Spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)  

Nah, writers kepo juga enggak nih sama laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)? Kalau iya, mari kita kupas tuntas sampai ke mesin-mesinnya.

 

Review ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Pertama-tama mari kita bahas tentang layarnya. Secara ya layar inilah yang bakalan kita tatap selalu. Mulai dari mengetik, browsing, sampai nonton drama kan pastinya menatap layar laptop, masa iya nonton drama kok menatap layar tembok, kan enggak lucu? Wkwkwkwk… garing.

 

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini writers, dilengkapi dengan layar yang berteknologi ASUS OLED dan sudah mengantongi sertifikat low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. Di mana dengan teknologi  low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland ini membuat penggunanya lebih aman dalam hal Kesehatan mata dan juga lebih nyaman dalam penggunaannya. Sehingga, lama di depan layar laptoppun ya mata kita tidak mudah lelah.

 

Ukuran layar laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini ternyata lebih besar dari pendahulunya loh, writers. Rasio layarnya yaitu d16:10 dengan  beresolusi 2.8K (2880x1800). Terus nih writers, tampilan visual layarnya juga didukungan dengan fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA dengan tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display. Ini kalau buat nonton drama, pasti jerawatnnya oppa dan unnie bakalan bisa terpampang nyata. Oh ya, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dilengkapi dengan fitur touch screen atau layar sentuh dan dilengkapi dengan fitur ScreenPad™ 2.0 juga.

 

ScreenPad™ 2.0? Fitur apalagi sih ini?”

 

ScreenPad™ 2.0 ini adalah fitur yang membedakan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dengan sebagian besar laptop premium lainnya. Tampil sebagai layar kedua sekaligus touchpad. Gampangnya ini loh writers, touchpadnya tuh ada layarnya. Kayak gambar di bawah ini 😊

 

ScreenPad 2.0 ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) 

Melalui fitur App Switch, ScreenPad™ 2.0 ini juga bisa jadi layar kedua yang menampilkan aplikasi apapun loh, writers. Keren banget kan, writers? Cocok nih buat yang suka kerja multitasking.

 

Fitur lain yang tak kalah menarik yang ada pada ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) adalah fitur Quick Key. Dengan fitur Quick Key ini writers, kita bisa mengakses berbagai shortcut secara lebih cepat tanpa harus menghafal kombinasi tombol di keyboard.

 

“Lantas, bagaimana nih dengan performa ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)?”

 

Namanya juga laptop seri terbaru, pasti performanya juga lebih bagus dari seri sebelumnya dong, ya?  Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® X graphics dan juga NVIDIA® GeForce® MX450 yang powerful untuk multitasking dan juga aman digunakan untuk mendesain grafis. Menurut saya, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) cocok banget buat pekerjaan seorang blogger yang sukanya multitasking, tidak hanya menulis saja tapi juga mendesain gambar, bahkan terkadang juga mengedit video.

 

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dilengkapi dengan fitur ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) loh writers. Dan  ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT)  ini hadir dengan tiga mode performa yang bisa dipilih yaitu Performance Mode, Balance Mode, serta Whisper Mode. Di Performance Mode, prosesor dapat dipacu dayanya hingga 40W untuk menghadirkan performa yang lebih kencang.

 

Dan untuk menunjang kinerja ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) agar semakin maksimal untuk multitasking, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dibekali dengan memori 16GB dan penyimpanan berupa PCIe SSD yang memiliki performa tinggi serta kapasitas ekstra lega yaitu hingga 1TB. Ini mah kita bisa menginstal aplikasi apa saja, menyimpan drama atau musik banyak tetap tenang-tenang saja. Secara ya writers, memori ini ngaruh banget ke kinerja.

 

“Tampilan layar oke, performa juga mumpuni. Eh, bagaimana dengan desainnya? Konektivitas dan juga baterainya?”

 

Desain ASUS itu selalu cakep-cakep, pun dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400). Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini tuh kan sebenarnya laptop 14 inchi tapi bodynya laptop 13 inchi loh, writers. Terus juga ringan karena hanya 1,4 kg saja. Bodynya juga tipis langsing singset dengan ketebalan 16,9 mm. Jadi cocok nih dibawa kemana-mana. Misal lagi bosen kerja di rumah, enteng juga bawanya kalau mau di bawa ke café gitu.

 

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)   yang ringan dan tipis

Btw, bentar deh… itu laptop 14 inchi kok bisa sih seperti laptop 13 inchi?”

 

Nah, inilah kecangihan dari ASUS writers. Dengan teknologi NanoEdge Display, bezel layar ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dihadirkan sangat tipis yaitu hanya 3mm pada kedua sisi layarnya. Selain itu, bezel yang sangat tipis juga membuat ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki layar dengan screen-to-body ratio hingga 92%. Jadi, meskipun layarnya 14 inchi, laptopnya tetap mungil seperti laptop 13 inchi.

 

“Ketangguhannya bagaimana? Biasanya laptop tipis itu enggak kuat dan mudah rusak loh…”

 

Biasanya? ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) mah luar biasa kalikkkk. Secara ya writers, laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H). Beberapa pengujian ekstrem yang berhasil dilewati oleh ASUS  Zenbook 14X OLED (UX5400) di antaranya adalah tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem. Jadi, soal ketangguhan mah tidak perlu khawatir.

 

Oke, lanjut ke konektivitas ya writers…

 

Soal konektivitas, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini dilengkapi dengan konektivitas yang cukup lengkap yaitu mulai dari konektivitas menggunakan port seperti HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, hingga MicroSD dan 3.5mm combo audio jack yang akan memudahkan pengguna untuk beraktivitas tanpa harus bergantung pada dongle.

 

Konektivitas ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400

Terus nih writers, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan dua port USB Type-C Thunderbolt™ 4 loh. Port modern tersebut tidak hanya hadir dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yaitu hingga 40Gbps, tetapi juga dapat digunakan untuk menghubungkan monitor tambahan dengan dukungan resolusi hingga 8K. Port tersebut juga telah mendukung fitur USB Power Delivery sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya baterai melalui adapter charger maupun power bank.

 

Sementara konektivitas WiFi-nya, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dibekali dengan WiFi 6 yang tertanam di dalamnya. Tentunya dengan kecepatan data yang lebih tinggi dan lebih stabil bila dibandingkan dengan seri pendahulunya.

 

Dan terakhir tentang baterainya nih. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini kapasitas baterainya lebih besar bila dibandingkan dengan seri pendahulunya. Untuk kapastitas baterai ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)  yaitu 63Whr. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)  juga dilengkapi dengan fitur fast charging loh dimana  bisa mengisi  baterai hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

 

Nah writers, sudah lebih tahu kan tentang ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)? Menurut kalian gimana? Cucok meong enggak nih untuk pekerjaan para blogger?

 

Yang saya lakukan dengan Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memang laptop keren—menurut saya—apalagi buat multitasking. Dan semoga ya, impian memiliki ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dikabulkan agar pekerjaan juga semakin lancer dan sudah cukuplah sudah drama laptopnya rusak. Aamiin.

 

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competitionbersama bairuindra.com



30 komentar:

  1. Mbak kok sama sih kita. Aku juga nggak bisa ngetik panjang2 pakai hp. Memang lebih nyaman pakai laptop yaa, apalagi kl pakai Asus ini dg segala kelebihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Kak,
      kalau ngetik panjang pakai laptop ASUS pasti lebih nyaman ya Kak :)
      Semoga kita diberi rejeki bissa punya laptop ASUS yang banyak kelebihan ini... Aamiin

      Hapus
  2. Terima kasih banyak Kak atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. Wait, aku sampai baca 2 kali, apa maksudnya Screenpad. Jadi di touchpadnya ada layar ya. Keren banget sih. Lengkap banget spek ASUS OLED...

    BalasHapus
  4. Pas pertama kali lihat ASUS Zenbook 14X OLED ini udah jatuh cinta aja dooong. Suka banget sama hardware-nya, spek memori 16GB dan storage 1TB, aduuuh pengennn

    BalasHapus
  5. saya lumayan sering ngeblog pakai hape, mbak. tapi memang lebih enak ngeblog pakai laptop soalnya kita bisa maksimal bikin tulisannya kayak nambah infografis apa gitu

    BalasHapus
  6. Saya menggunakan hp untuk ngeblog sejak punya blog, tahun 2009 an.
    Makin kesini banyak pekerjaan yang membutuhkan laporan atau sejenisnya yang memang lebih mudah dioperasikan dari laptop. Semoga keberuntungan menghampiri kita ya. Aamiin...

    BalasHapus
  7. Wah gw jg mau nih laptop kyk Asus Zenbook 14x ini. Smg bs menang ya kak. Biar bs nulis2 lg buat nambah penghasilan.

    BalasHapus
  8. seri zenbook memnag menarik banget sejak awal dio perkenalkan, spesifikasinya mengikuti kebutuhan pengguna, aku juga berharap punya nih laptop

    BalasHapus
  9. Sama sih kalo aku juga hal pertama yang wajib dipunya blogger ya Laptop. Aku ngga bisa ngetik lewat smartphone, bisa nambah tar minusnya saking siwer hehe. Good luck ya kak semoga bisa dkekepin ASUS nya.

    BalasHapus
  10. Emang kalau pas lagi asyik ngetik tiba2 laptop rusak itu bikin sedih banget ya mbak. Dulu saya pernah ngetik pake hp tapi kurang leluasa apalagi nih jari sudah segede gaban kadang suka sebel kalau nekal tombol salah2 terus....ASUS emang keren produknya selalu up to date. Meski harganya bikin wow setidaknya performanya sangat lengkap.

    BalasHapus
  11. Bloger memang harus punya laptop, itu versiku. Karena kalau ngetii di smartphone, yang ada gak kelar-kelar, banyak typonya. Secara jempolku gede banget. Mencet 1 huruf, yang ikutan kepencet bisa dua atau tiga huruf. 😬

    BalasHapus
  12. laptop tuh emang jadi kebutuhan kerja banget sih jaman sekarang yaa, klo ada drama2 laptop mati juga lemot itu bikin kesel juga panik sih yaa

    BalasHapus
  13. kerennn smoga allah mudahkan urusannya ya mbak, betul beberapa orang memang takbisa ngeblog pakai hp jadi buuth laptop yang tentunya mumpuni

    BalasHapus
  14. salhs atu laptop impian, Asus itu ringan dan tipis-tipis desainnya, cocok banget buat para pekerja yang mobilitasnya sangat tinggi

    BalasHapus
  15. memang rasnaya kurang lengkap kalao ngeblog cuma di hp aja dan lapto pasus emang impian sekali deh

    BalasHapus
  16. Saya setuju, Mbak. Laptop dan smartphone harus dimiliki dulu kalau mau ngeblog. Karena kan bikin blognya juga pakai laptop. Dan saya pribadi, memang harus menulis di blog pakai laptop. Kalau di hape paling draf saja. nanti tetap saya pindahkan ke laptop. Dan kalau punya laptop kayak ini, dikamin ngeblog semakin bersemangat. Sudah keren dan canggih sekali. Saya langsung mupeng hehehe.

    BalasHapus
  17. Iya, laptop adalah kebutuhan penting bagi setiap blogger ya mbak
    Laptop membantu kita untuk membuat konten konten yg kreatif

    BalasHapus
  18. langit bisakah kau turunkan laptop asus untukkku. aku juga mau. Eh ya pas deadline memang trkadang ada hal yang tak terduga harus kita hadapi ya. terkadang bikin nangis.

    BalasHapus
  19. semoga terkabul yaa mba.. memang gemes deh kalau pas lagi banyak detlen eeh laptop ngehang. pernah juga ngalamin punya laptop yang lemotnya bukan main. padahal mamak2 ini perlu segalanya yang serba cepet :))

    BalasHapus
  20. Wah, kayaknya langit akan mengabulkan laptopnya nih kak hehhe, aamiin... semangatttttt

    BalasHapus
  21. Baca review laptop Asus OLED kok mupeng ya...hihi...keren performa nya...eh semoga mba menang ya biar bisa beli laptop yg canggih macam Asus...semangattt

    BalasHapus
  22. Wah iya, saya salut banget sama teman-teman blogger yang bisa ngetik di hp. Saya bisa sih. Kalau kepepet pas si kecil nggak memungkinkan saya buka laptop dan akhirnya saya pun curi-curi waktu sambil ngemong dia. Tapi prosesnya itu, nggak senyaman kalau pakai laptop.

    BalasHapus
  23. sampai sekarang belum kesampaian punya laptop mumpuni terutama untuk kebutuhan grafis yang sangat mengandalkan layar yang bagus.. laptop ini bisa jadi wishlist nih dengan layat OLED pasti sangat nyaman buat kebutuhan desain

    BalasHapus
  24. setuju banget Mbak, modal utama Blogger itu Laptop dan Smartphone.
    tapi lebih asyik kalau ngeblog di Laptop sih emang secara bisa lebih bebas dan leluasa bekerja. Kalau di HP udah layarnya kecil, bisa-bisa distraksi intip sosmed dan chat mulu sih ya hihihih.
    wiiihh ASUS Zenbook 14x OLED ini kece banget ya Mbak, moga bisa boyong pulang ini ya Mbak, biar makin mantap niih isi blog-blognya ;)

    BalasHapus
  25. Semoga impiannya terwujud ya, Kak, dan makin aktif juga ngeblognya. Karena dengan berbagi tulisan, sebenarnya ini salah satu cara juga buat berbagi kebaikan ya. Dan Asus memang bagus sih buat bantu blogger bikin konten dan tulisan yang bagus

    BalasHapus
  26. punya laptop yang bisa diajak kerja cepet memang harapan banyak orang ya mbak, apalagi blogger2 yang sering kejar-kejaran sama dateline nih, repot juga kalau tiba2 ngehanga

    BalasHapus
  27. Hihi...iya juga yaa..
    Kalau menggunakan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) yang canggih dengan berbagai kelebihan, salah salah satunya adalah kekayaan warnanya, maka saat nonton drakor, dijamin semakin melek.

    BalasHapus
  28. Semoga si OLED bisa nangkring aman di rumah ya meski sebiji
    Siapa pun pasti senang dengan kecanggihan spesifikasinya

    BalasHapus
  29. gokil skrg laptop jg nggak kalah sama smartphone yang bisa fast charging ya, 30 menit aja bisa sampai 50%. asus zenbook 14x oled ini cakep betul buat blogger baik untuk kerja atau cari inspirasi buat tulisan ya, kejernihan warnanya juga pasti memuaskan

    BalasHapus